Latihansoaldanjawaban.blogspot.com: Pengelompokan Makhluk Hidup Berdasarkan Klasifikasi Soal IPA Dengan Jawaban

Friday, January 13, 2017

Pengelompokan Makhluk Hidup Berdasarkan Klasifikasi Soal IPA Dengan Jawaban

1. Mengapa hewan ikan, sapi, katak, ayam, ular dimasukkan ke dalam filum yang sama, tetapi tingkatan spesiesnya tidak sama?
2. Mengapa sungai yang mengandung siput air dan cacing Planaria menunjukkan bahwa sungai tersebut belum mengalami pencemaran? Termasuk kelompok apakah kedua hewan tersebut?


Jawaban Soal IPA Pengelompokan Makhluk Hidup Berdasarkan Klasifikasi


1. Semua hewan tersebut memiliki ciri utama, yaitu memiliki tulang belakang, tetapi secara khusus memiliki perbedaan yang memisahkan mereka. Hewan-hewan tersebut tidak dapat saling kawin, misalnya ikan tidak dapat kawin dengan ular, dan seterusnya. Hal ini membedakan mereka sehingga tidak dapat dimasukkan ke dalam satu spesies.

Siput _ Pengelompokan Makhluk Hidup Berdasarkan Klasifikasi Soal IPA Dengan Jawaban


2. Kedua hewan ini, merupakan hewan yang sangat sensitif terhadap perubahan kondisi perairan. Bahan pencemar yang terdapat dalam air akan mematikan hewan-hewan tersebut, sehingga hewan hewan ini dijadikan sebagai indikator pencemaran secara biologi (bioindikator). Siput air termasuk filum Mollusca/hewan lunak, sedangkan Planaria termasuk filum Phlatyhelminthes atau cacing pipih.

No comments:

Post a Comment