Latihansoaldanjawaban.blogspot.com: Kunci Jawaban Soal Bahasa Indonesia Tentang Bahaya Narkoba

Tuesday, June 28, 2016

Kunci Jawaban Soal Bahasa Indonesia Tentang Bahaya Narkoba

Penyalahgunaan Narkoba

Karena pengaruh narkoba yang menimbulkan rasa nikmat dan nyaman itulah maka narkoba disalahgunakan. Akan tetapi, pengaruh itu sementara. Sebab setelah itu timbul rasa tidak enak. Untuk
menghilangkan rasa tidak enak, harus mengonsumsi narkoba lagi. Oleh karena itu, narkoba mendorong seseorang untuk memakainya lagi.

Penyalahgunaan narkoba adalah penggunaan narkoba yang dilakukan tidak untuk maksud pengobatan, tetapi karena ingin menikmati pengaruhnya, dalam jumlah berlebih yang secara kurang teratur, dan berlangsung cukup lama, sehingga menyebabkan gangguan kesehatan fisik, mental dan kehidupan sosialnya.

Pemakaian narkoba secara berlebihan tidak menunjukkan jumlah atau dosisnya, tetapi yang penting pemakaiannya berakibat pada gangguan salah satu fungsi, baik fisiki, psikologis, maupun sosial. Gangguan fisik berarti gangguan fungsi atau penyakit pada organ-organ tubuh, seperti penyakit hati, HIV/AIDS. Gangguan psikologis meliputi cemas, sulit tidur, depresi, paranoia (perasaan seperti orang lain mengejar). Wujud gangguan fisik dan psikologis bergantung jenis narkoba yang digunakan. Gangguan sosial meliputi kesulitan dengan orang tua, teman, sekolah, pekerjaan, keuangan, dan berurusan dengan polisi.

Kunci Jawaban Soal Bahasa Indonesia Tentang Bahaya Narkoba
Kunci Jawaban Soal Bahasa Indonesia Tentang Bahaya Narkoba


Akan tetapi, terlepas dari semua alasan di atas, seseorang memakai narkoba, karena narkoba membuatnya merasa nikmat, enak dan nyaman pada awal pemakaian. Perasaan yang dihasilkan oleh narkoba itulah yang mula-mula dicari pemakai. Mereka tidak melihat akibat buruk penggunaan narkoba. Justru mereka tidak percaya akibat buruk atau bahayanya, sebagaimana dikatakan orang dewasa. Akibat buruk itu baru dirasakan setelah beberapa kali pemakaian teratur, tetapi saat itu telah terjadi kecanduan dan ketergantungan.\

Jadi, penggunaan narkoba berawal dari persepsi, anggapan atau keyakinan keliru yang tumbuh di masyarakat. Mereka tidak mau memahami atau tidak mau menerima kenyataan atau fakta yang dapat dibuktikan secara ilmiah dan sah menurut hukum.

Akan tetapi, terlepas dari semua alasan di atas remaja menyalahgunakan narkoba karena kepadanya ditawarkan oleh seseorang atau sekelompok teman sebaya, agar mau mencoba memakainya. Penawaran terjadi dalam situasi santai pada kehidupan sehari-hari; di kantin sekolah, pulang dari sekolah, di jalan, di restoran, mal, rumah teman, dan lain-lain.  Oleh karena itu, anak dan remaja perlu meningkatkan kewaspadaan mengenai berbagai situasi penawaran dan mengetahui perbedaan antara fakta dengan mitos yang berkembang.
(Dikutip dengan beberapa perubahan demi kepentingan pembelajaran dari dr. Lydia
Herlina M, S.K.M dan dr. Satya Joewana, Sp.KJ, 2006)

Jawablah pertanyaan berikut dengan memberi tanda silang pada huruf dari empat pilihan jawaban yang paling tepat!

1. Narkoba hanya boleh digunakan untuk ….
a. maksud pengobatan 
b. menikmati pengaruhnya 
c. melanjutkan kebiasaan
d. solidaritas teman

2. Pemakaian narkoba secara berlebihan, tidak menunjukkan jumlah atau dosisnya, berakibat pada gangguan di bawah ini, kecuali ….
a. gangguan fisik 
b. gangguan psikologis 
c. gangguan sosial
d. gangguan budaya

3. Banyak orang menyalahgunakan narkoba karena mereka mempunyai angggapan narkoba dapat mengakibatkan di bawah ini, kecuali ….
a. menghilangkan stress 
b. meningkatkan kesehatan 
c. mengatasi masalah pribadi
d. mengurangi kecemasan

4. Banyak orang terjerumus ke narkoba karena ….
a. narkoba mudah didapat
b. menjaga persahabatan antarteman
c. tidak paham fungsi narkoba
d. menjaga gengsi saja

5. Supaya kita tidak tergoda oleh narkoba, hendaknya ….
a. menjaga persahabatan antarteman
b. menghindari pergaulan dengan sesama teman
c. menjauhi semua orang di sekitar kita
d. meningkatkan kewaspadaan tentang narkoba

Adapun Kunci Jawaban Soal Bahasa Indonesia Tentang Bahaya Narkoba adalah ini dia:
1. A 
2. D 
3. B 
4. D 
5. D

No comments:

Post a Comment