Latihansoaldanjawaban.blogspot.com: Soal dan Jawaban Uji Kompetensi PK Online PPG Sertifikasi Guru

Thursday, October 3, 2019

Soal dan Jawaban Uji Kompetensi PK Online PPG Sertifikasi Guru

Sebagai seorang guru, perlu memperhatikan jenjang karir yang mesti dilalui atau yang akan dicapai. salah satu prosesnya adalah ujian pemetaan kompetensi atau biasa disingkat Ujian PK. Berikut kami bagikan soal ujian pemetaan kompetensi (PK online) semoga bermanfaat dan makin mengasah kemampuan kita.
1.     Bagaimana cara anda memperlakukan murid dengan berbagai macam karakter dan kepribadian?
 A.Memberikan materi seperti apa adanya dalam MGMP
 B.Membuat kelompok-kelompok diskusi
 C.Memberikan materi dengan memperhatikan keragaman yang ada
 D.Memberi apresiasi dan dorongan sesuai kemampuan masing-masing anak
Jawaban: C


2.     Ciri utama dari inovasi dalam pendidikan adalah kekhasan, kebaharuan, terencana dan mempunyai tujuan. Salah satu contoh dari penerapan bidang pendidikan tahun 2000-an adalah . . . .
 A.Pembelajaran Kelas Rangkap
 B.Lesson Study
 C.PAKEM
 D.CBSA
Jawaban: B

3.     Salah satu sifat perubahan dalam inovasi yaitu upaya penyusunan kembali berbagai komponen yang ada dalam siustem dengan maksud untuk menyesuaikan dengan tuntutan dan kebutuhan, disebut . . . .
 A.Addition
 B.Restructuring
 C.Alternation
 D.Substitution
Jawaban: B

4.     Proses komunikasi yang dilakukan oleh dua orang atau lebih dimana penerima pesan dan pengirim pesan mempunyai latar belakang berbeda, baik dari latar belakang sosial budaya, agama, pendidikan, karakteristik lain disebut . . . .
 A.Heterofil
 B.Homofil
 C.Holomofil
 D.Homogen
Jawaban: A

5.     Adanya saling pemahaman dalam komunikasi konvergen termasuk ke dalam komunikasi . . . .
 A.Information
 B.Convergence
 C.Mutual Understanding
 D.Network Relationship
Jawaban: B

6.     Inovasi merupakan suatu perubahan baru yang secara kualitatif berbeda dengan yang ada sebelumnya, disengaja, untuk meningkatkan kemampuan dalam mencapai tujuan. Pernyataan tersebut dikemukakan oleh . . . .
 A.Santosa S. Hamidjaja
 B.Mattew B. Milers
 C.Sumantri Mulyani
 D.Rabbin
Jawaban: B

7.     Mencari penguatan terhadap keputusan inovasi yang dilakukan termasuk . . . .
 A.Bujukan (persuasion)
 B.Konfirmasi (confirmation)
 C.Implementasi (implementation)
 D.Pengembalian keputusan (decision making)
Jawaban: C



8.     Suatu sistem sosial yang secara jelas mempersyaratkan kelompok orang/geografis melaksanakan suatu inovasi merupakan . . . .
 A.Kegiatan pemeliharaan terbatas
 B.Fasilitas fisik
 C.Ukuran kewilayahan
 D.Penggunaan waktu
Jawaban: C

9.     Apakah yang menjadi dasar bagi anda dalam penerimaan siswa?
 A.Kemampuan akademik berupa baca dan tulis
 B.Umur dan Kemampuan mental atau psikologi untuk belajar hal baru
 C.Kemampuan sosialisasi dengan teman dan guru
 D.IQ dan hasil test kecerdasan
Jawaban: B

10.   Tahap pada saat individu/kelompok mulai membentu sikap menyenangi atau tidak menyenangi terhadap inovasi dikategorikan . . . .
 A.Tahap pengetahuan (kowledge)
 B.Tahap bujukan (persuasion)
 C.Tahap pengembalian keputusan (decision making)
 D.Tahap implementasi (implementation)
Jawaban: B

1.Inovasi merupakan suatu perubahan baru yang secara kualitatif berbeda dengan yang ada sebelumnya, disengaja, untuk meningkatkan kemampuan dalam mencapai tujuan. Pernyataan tersebut dikemukakan oleh . . . .

jawab

Inovasi pendidikan adalah suatu perubahan yang baru dan kualitatif berbeda dari hal (yang ada) sebelumnya dan sengaja diusahakan untuk meningkatkan kemampuan guna mencapai tujuan tertentu dalam bidang pendidikan di karang oleh Santoso S Hamijoyo ; 1974…*gak penting banget soal, mana ada yg hapal tokoh ginian..kalau syaiful jamil kita baru hafal

2. Dalam karya tulis ilmiah, penulis bersikap netral, obyektif, dan tidak memihak. Sikap ini sesuai dengan hakikat karya tulis ilmiah yang merupakan kajian berdasarkan pada, kecuali…

Jawab : Argumentasi…pendapat

3. Pengaruh pendidikan anak bagi perkembangan fisik adalah …

jawab: Anak memiliki konsep diri positif, walau bagaimanapun kondisi yang dimiliki.

4. Fungsi utama dari penerapan penilaian portofolio adalah …

jawab : menurut • Paulson, (1991) tujuan utama portofolio adalah mengumpulkan hasil karya siswa

5.Tahap pada saat individu/kelompok mulai membentu sikap menyenangi atau tidak menyenangi terhadap inovasi dikategorikan . . . .

jawab : Tahap pengembalian keputusan (decision making)

6. Melakukan kajian terhadap kemungkinan pro – kontra atau kajian terhadap masyarakat yang menerima atau menolak, merupakan adopsi inovasi pada tahap .

jawab : Evaluation

Tahapan yang dilakukan dalam rangka mengadopsi inovasi, termasuk inovasi pendidikan adalah sebagai berikut :

design, tahap perencanaan
awareness-interest, yaitu tahap komunikasi untuk penyadaran terhadap masyarakat yang diharapkan dapat mengadopsi yang ditawarkan.
evaluation, yaitu melakukan kajian atau evaluasi terhadap kemungkinan pro kontra, ataupun kajian terhadap masyarakat yang menerima atau menolak.
trial, yaitu ujicoba produk inovasi
7. Perhatikan hubungan antara makhluk hidup di bawah ini!
(1) Interaksi antara kupu-kupu dengan bunga
(2) Ikan remora dengan ikan hiu
(3) Burung jalak dengan kerbau
(4) Benalu pada tumbuhan inangnya
Hubungan yang menunjukkan simbiosis mutualisme adalah ….

jawab : simbiosis mutualisme adalah hubungan antar mahluk hidup yang saling menguntungkan

1 dan 3

8. Rekomendasi untuk judul adalah…

jawab: 10-12 kata

9. Dalam suatu artikel konseptual, bagaimana teori/konsep yang ditawarkan dapat berkontribusi dalam peta pengetahuan dimuat pada bagian…

jawab: Abstrak

10. Mencari penguatan terhadap keputusan inovasi yang dilakukan termasuk . . . .

jawab:  Knowledge

Berikut ini adalah tahapan dari model proses keputusan inovasi, yaitu :

Tahap Pengetahuan (Knowledge)
Pada tahap ini inovator melakukan analisis terhadap kekuatan, kelemahan, tantanngan dan peluang yang dimiliki lembaga pendidikan. Selain itu juga mengkaji teori, studi pustaka, studi regulasi untuk memperkuat kegiatan inovasi yang dilakukan.  Langkah berikutnya adalah

Tahap bujukan (persuation)
Setelah model program inovasi disusun maka langkah berikutnya adalah meyakinkan orang lain tentang kontribusi program inovasi yang dibuat terhadap kemajuan pendidikan. Bentuk  kegiatan yang dapat dilakukan pada tahap ini adalah presentasi, sosialisasi dan pendekatan atau lobi.

Tahap pengambilan keputusan (decision making)
Pengambilan keputusan harus melibatkan berbagai pihak yang berkepentingan dengan pengembangan pendidikan dan pihak-pihak yang peduli terhadap kemajuan pendidikan.

Tahap Implementasi (implementation)
Tahap implementasi merupakan tahap pelaksanaan inovasi pendidikan yang telah direncanakan sebelumnya. Keberhasilan pelaksanaan inovasi ditentukan oleh komitmen pelaku inovasi untuk melaksanakan kegiatan inovasi sesuai dengan rencana yang disusun.

Tahap Konfirmasi (confirmation)
Untuk mengukur keberhasilan pelaksanaan program inovasi maka perlu dilakukan evaluasi secara berkala. Evaluasi dilakukan secara komprehensif  terhadap semua komponen program inovasi. Hasil evaluasi dijadikan bahan acuan untuk membuat program tindak lanjut dari kegiatan inovasi yang dilakukan

11. Salah satu sifat perubahan dalam inovasi yaitu upaya penyusunan kembali berbagai komponen yang ada dalam sistem dengan maksud untuk menyesuaikan dengan tuntutan dan kebutuhan, disebut . . . .

jawab: Restructuring

Dalam kaitannya dengan kontribusi inovasi pendidikan, Huberman seperti dikutip Ishak Abdulhak (2000) membagi sifat perubahan dalam inovasi ke dalam enam kelompok yaitu :

Penggantian (substation)
Perubahan (alternation)
Penambahan (addition)
penyusunan kembali (restructuring)
Penghapusan (elimination)
Penguatan (reinforcement)
12. Proses komunikasi yang dilakukan oleh dua orang atau lebih dimana penerima pesan dan pengirim pesan mempunyai latar belakang berbeda, baik dari latar belakang sosial budaya, agama, pendidikan, karakteristik lain disebut . . . .

jawab : Heterofil

Saluran komunikasi dapatr diklasifikasikan kedalam 2 hal yaitu : ( a ) komunikasi homofil ( b ) komunikasi heterofil

a. Komunikasi Homofil
Komunikasi homofil adalah proses komunikasi yang dilakukan oleh dua individu atau kelompok yang kategorinya memiliki kesamaan atau sama lain. Hasil komunikasi ini dapat diperoleh saling pengertian yag mendalam antara keduanya. Dengan kata lain, suatu komunikasi akan efektif mana kala terjadi antara dua kelompok atau individu yang dikategorikan memiliki kesamaan satu sama lain atau yang biasanya disebut sebagai komunikasi homofil. Komunikasi ini jauh lebih efektif ketimbang dilakukan dengan komunikasi yang lain pada masyarakat yang heterogen atau beragam latar belakang budaya atau pun cirri lainnya.

b. Komunikasi Heterofil
Komunikasi heterofil yaitu proses komunikasi yang dilakukan oleh dua orang atau lebih, dimana pengerim pesan dan penerima pesanmemiliki latar belakang yang berbeda, baik dilihat dari sosial budaya, pendidikan, agama atau karateristik sosial lainnya. Komunikasi yang dilakukan secara heterofil tidak akan berjalan dengan baik karena adanya perbedaan latar belakang.

Apakah yang menjadi dasar bagi anda dalam penerimaan siswa?
 A.Kemampuan akademik berupa baca dan tulis
 B.Umur dan Kemampuan mental atau psikologi untuk belajar hal baru
 C.Kemampuan sosialisasi dengan teman dan guru
 D.IQ dan hasil test kecerdasan
Jawaban: B


Ciri utama dari inovasi dalam pendidikan adalah kekhasan, kebaharuan, terencana dan mempunyai tujuan. Salah satu contoh dari penerapan bidang pendidikan tahun 2000-an adalah . . . .
 A.Pembelajaran Kelas Rangkap
 B.Lesson Study
 C.PAKEM
 D.CBSA
Jawaban: A

Inovasi merupakan suatu perubahan baru yang secara kualitatif berbeda dengan yang ada sebelumnya, disengaja, untuk meningkatkan kemampuan dalam mencapai tujuan. Pernyataan tersebut dikemukakan oleh . . . .
 A.Santosa S. Hamidjaja
 B.Mattew B. Milers
 C.Sumantri Mulyani
 D.Rabbin
Jawaban: A

Inovasi merupakan suatu perubahan baru yang secara kualitatif berbeda dengan yang ada sebelumnya, disengaja, untuk meningkatkan kemampuan dalam mencapai tujuan. Pernyataan tersebut dikemukakan oleh . . . .
 A.Santosa S. Hamidjaja
 B.Mattew B. Milers
 C.Sumantri Mulyani
 D.Rabbin
Jawaban: A

Tahap pada saat individu/kelompok mulai membentu sikap menyenangi atau tidak menyenangi terhadap inovasi dikategorikan . . . .
 A.Tahap pengetahuan (kowledge)
 B.Tahap bujukan (persuasion)
 C.Tahap pengembalian keputusan (decision making)
 D.Tahap implementasi (implementation)
Jawaban: B

Salah satu sifat perubahan dalam inovasi yaitu upaya penyusunan kembali berbagai komponen yang ada dalam siustem dengan maksud untuk menyesuaikan dengan tuntutan dan kebutuhan, disebut . . . .
 A.Addition
 B.Restructuring
 C.Alternation
 D.Substitution
Jawaban: B

Ciri utama dari inovasi dalam pendidikan adalah kekhasan, kebaharuan, terencana dan mempunyai tujuan. Salah satu contoh dari penerapan bidang pendidikan tahun 2000-an adalah . . . .
 A.Pembelajaran Kelas Rangkap
 B.Lesson Study
 C.PAKEM
 D.CBSA
Jawaban: C

Demikianlah soal ujian pemetaan kompetensi atau ujian PK online. mohon kritik dan saran pada kolom komentar. Jika dirasa bermanfaat, sudilah kiranya pengunjung yang budiman share ke teman-teman yang lain.

No comments:

Post a Comment