Latihansoaldanjawaban.blogspot.com: Soal dan Jawaban TIK Pengertian Internet dan Intranet

Sunday, August 4, 2019

Soal dan Jawaban TIK Pengertian Internet dan Intranet

1. Apa yang dimaksud dengan Internet?
Internet adalah singkatan dari Interconnection Network yang secara harfiah berarti hubungan antarjaringan komputer (network). Sedangkan, network sendiri diartikan sebagai suatu sistem
komunikasi data antarkomputer. Contoh jaringan komputer yang paling sering ditemukan adalah LAN (Local Area Network). LAN menghubungkan komputer-komputer yang berada dalam suatu areal atau lokasi tertentu, seperti kantor, sekolah, perusahaan, warnet, dan lain-lain.

Gambaran sederhana dari Internet adalah beberapa komputer dihubungkan satu sama lain sehingga membentuk jaringan komputer (network). Kemudian, sejumlah network (jaringan komputer) digabung dan dihubung-hubungkan lagi sehingga jadilah Internet. Jadi, pengertian Internet secara umum (menurut bahasa) adalah kumpulan dari jaringan komputer yang terhubung dan bekerja sebagai suatu sistem. Sedangkan, pengertian Internet secara khusus adalah suatu jaringan komputer terbesar di dunia karena menghubungkan seluruh jaringan komputer yang ada di dunia ini. Untuk ringkasnya, Internet adalah jaringan komputer global.


2. Apa yang dimaksud dengan Intranet?
Intranet adalah sebuah kumpulan jaringan komputer lokal yang menggunakan perangkat lunak Internet dan protokol TCP/IP atau HTTP. Oleh karena itu, sebuah jaringan Intranet memiliki semua fasilitas yang dimiliki oleh Internet seperti e-mail, File Transfer Protocol (FTP), dan lain sebagainya.

Jaringan Intranet merupakan jaringan Internet yang hanya dimiliki oleh kelompok atau perusahaan tertentu dan tidak dapat diakses oleh orang lain. Tetapi, Intranet juga dapat terkoneksi ke Internet sehingga memungkinkan pertukaran informasi dan data dengan jaringan Intranet lainnya (Internet working) melalui backbone Internet.

3. Apa perbedaan antara Internet dengan Intranet?
Internet adalah jaringan komputer global, sedangkan jaringan komputer lokal (LAN) dinamakan Intranet.

4. Jelaskan pengertian world wide web!
WWW (world wide web). WWW merupakan kumpulan penyedia web untuk dipakai secara massal
di seluruh dunia. Di dalam WWW, semua dokumen, menu, indeks, dan lain-lain ditampilkan kepada para pengguna Internet sebagai objek dalam format HTML yang dapat dilihat dengan menggunakan Web Browser.

5. Jelaskan istilah-istilah berikut ini:
a. web
Web, berarti jaringan yang dapat menampilkan data-data dan informasi lain melalui Internet. Web merupakan bagian dari protokol bahasa http yang paling populer.

b. browser
Browser adalah aplikasi di Internet yang dipakai untuk menjelajah dunia Internet. Contohnya: Internet Explorer, Mozilla Firefox, Netscape Navigator, dan sebagainya.

c. HTML
HTML merupakan standar format untuk dokumen hypertext.

d. protokol
Protokol adalah sejumlah aturan yang menentukan bagaimana dua atau lebih komputer saling berkomunikasi.

e. search engine
Search engine merupakan aplikasi pencari data, informasi, alamat web site lain melalui input kata kunci dan fitur lainnya.

f. HTTP
(Hyper Text Transfer Protocol). HTTP merupakan salah satu protokol bahasa yang digunakan untuk
berkomunikasi antarserver komputer dalam Internet. Dapat pula dikatakan bahwa HTTP merupakan bagian dari URL yang mengidentifikasi lokasi web site.

g. URL
(Universal Resource Locator). URL adalah sistem penamaan alamat situs web. Oleh karena itu, URL sering pula dinamakan Internet address (alamat Internet). Setiap protokol bahasa mempunyai sistem penulisan alamat yang berbeda-beda. Alamat sebuah web site di Internet dapat dijelajah melalui URL.

h. Internet Service Provider
(Internet Service Provider) ISP merupakan perusahaan atau lembaga penyedia jasa layanan. Internet, seperti Wasantara, Indosatnet, Telkomnet, dan sebagainya.

i. IP adress
Alamat IP merupakan identitas komputer dalam jaringan yang terdiri dari empat bagian (mulai angka 1 sampai 255). Contohnya adalah 101.09.45.015.

j. hyperlink
Hyperlink ini merupakan fasilitas untuk mereferensikan atau menghubungkan sebuah kata, kalimat, simbol, gambar dengan alamatalamat di Internet. Sebuah link teks biasanya ditandai dengan teks yang bergaris bawah dan berwarna biru, seperti Klik di sini. Namun, tanda utama dari sebuah link (link teks atau link gambar) adalah berubahnya kursor mouse menjadi tanda jika diletakkan di atas link tersebut. Jika sebuah link diklik, maka program browser akan membuka dokumen atau file yang ditunjuk oleh link tersebut.

No comments:

Post a Comment