Latihansoaldanjawaban.blogspot.com: Ujian Nasional Bahasa Indonesia Kunci dan Pembahasan Lengkap Nomor 20-30

Friday, May 5, 2017

Ujian Nasional Bahasa Indonesia Kunci dan Pembahasan Lengkap Nomor 20-30

Cermatilah kutipan fabel berikut untuk menjawab soal nomor 20 s.d.22!
Kupu-Kupu Berhati Mulia
Di suatu hutan ada seekor semut berjalan-jalan di taman. Ia sangat bahagia karena bisa berjalan-jalan melihat taman yang indah. Sang semut berkeliling taman sambil menyapa binatang-binatang yang
berada di taman itu. Ia melihat sebuah kepompong di atas pohon. Sang semut mengejek bentuk kepompong yang jelek dan tidak bisa pergi ke mana-mana “Hei, kepompong alangkah jelek nasibmu. Kamu hanya bisa menggantung di ranting itu. Ayo jalan-jalan, lihat dunia yang luas ini. Bagaimana nasibmu jika ranting itu patah?” Sang semut selalu membanggakan dirinya yang bisa pergi ke tempat ia suka. Bahkan, sang semut kuat mengangkat beban yang lebih besar dari tubuhnya. Sang semut merasa bahwa dirinya adalah binatang yang paling hebat. Si kepompong hanya diam saja mendengar ejekan tersebut.

Pada suatu pagi sang semut kembali berjalan ke taman itu. Karena hujan, genangan lumpur terdapat di mana-mana. Lumpur yang licin membuat semut tergelincir dan jatuh ke dalam lumpur. Sang semut hampir tenggelam dalam genangan lumpur itu. Semut berteriak sekencang mungkin untuk meminta bantuan. “ Tolong, bantu aku! Aku mau tenggelam, tolong..., tolong...!” Untunglah saat itu ada seekor kupu-kupu yang terbang melintas. Kemudian, kupu-kupu menjulurkan sebuah ranting ke arah semut. “Semut, peganglah erat-erat ranting itu! Nanti aku akan mengangkat ranting itu.” Lalu, sang semut memegang erat ranting itu. Si kupu-kupu mengangkat ranting itu dan menurunkannya di tempat yang aman. Kemudian, sang semut berterima kasih kepada kupu-kupu karena kupu-kupu telah menyelamatkan nyawanya. Ia memuji kupu-kupu sebagai binatang yang hebat dan terpuji. Mendengar pujian itu, kupu-kupu berkata kepada semut. “Aku adalah kepompong yang pernah kau ejek,” kata si kupu-kupu. Ternyata, kepompong yang dulu diejek sudah menyelamatkan dirinya. Akhirnya, sang semut berjanji kepada kupu-kupu bahwa dia tidak akan menghina semua makhluk ciptaan Tuhan yang ada di taman itu.

20. Komentar yang tepat terhadap isi fabel tersebut adalah ...
A. Cerita kurang menarik karena berisi hal-hal yang tidak dapat diterima oleh akal sehat pembaca.
B. Isi cerita bagus karena mengajarkan kepada pembaca agar jangan sombong dan tidak balas dendam.
C. Isi cerita tersebut cukup bagus, tetapi sayang sekali pesan moralnya tidak jelas untuk dimengerti oleh pembaca.
D. Isi cerita bagus meskipun dalam kehidupan sehari-hari pesan moral dalam cerita tersebut sulit untuk dijalankan.

21. Komentar yang tepat terhadap pola pengembangan kutipan fabel tersebut adalah...
A. Pola pengembangan fabel tersebut dimulai dengan memunculkan masalah yang harus diselesaikan oleh tokoh semut.
B. Pola pengembangan cerita tersebut dimulai dengan menampilkan lokasi karena di dalam kutipan fabel dimunculkan lokasi cerita yaitu di suatu hutan.
C. Pola pengembangan cerita tersebut dimulai dengan mengidentifikasi garis besar cerita karena dengan membaca kutipan fabel tersebut pembaca dapat mengetahui garis besar ceritanya.
D. Pola pengembangan cerita tersebut dimulai dengan mengisyaratkan ketegangan (bahaya) karena di dalam kutipan fabel tersebut tokoh menghadapi hal yang membahayakan.

22. Komentar yang tepat terhadap penggunaan bahasa kutipan fabel tersebut adalah...
A. Banyak menggunakan kata-kata yang bermakna kiasan sehingga menyulitkan pembaca dalam memahami isi cerita tersebut.
B. Bahasa yang digunakan dalam fabel tersebut adalah bahasa sehari-hari sehingga pembaca mudah dalam memahami isi fabel tersebut.
C. Kalimat yang digunakan dalam fabel menggunakan kalimat yang panjang-panjang sehingga membosankan pembaca.
D. Fabel tersebut banyak menggunakan ungkapan dan peribahasa yang sulit dimengerti oleh pembaca.

23. Cermatilah kalimat berikut!
Kekeringan yang terjadi terlalu lama dapat berdampak pada turunnya ... tanaman dan merugikan petani.
Kata yang tepat untuk melengkapi kalimat tersebut adalah ....
A. produksi
B. produsen
C. konsumsi
D. konsumen

24. Perhatikan teks berikut!
Membuat Puding Kelapa Muda
(1) Sediakan agar-agar, gula,santan, kelapa muda,vanili, dan telur lalu kocok.
(2) [...]
(3) Setelah mendidih, masukkan agar-agar, santan, gula, kelapa muda, dan telur yang sudah dikocok.
(4) Biarkan sampai mendidih kembali, lalu angkat.
(5) Tuanglah ke dalam cetakan.
Kalimat yang tepat untuk melengkapi teks tersebut adalah ...
A. Biarkan dingin dalam lemari.
B. Masak air sampai mendidih.
C. Masak adonan dengan api sedang.
D. Biarkan mengeras, kemudian sajikan.

25. Perhatikan kalimat-kalimat berikut!
Cara Mematikan Komputer
1. Tutup semua program atau aplikasi yang sedang aktif
2. Klik menu “Turn Off Computer”
3. Klik tombol “Start” dengan mouse pada menu Dekstop
4. Diamkan beberapa saat hingga komputer padam.
5. Pada kotak dialog “Turn Off Computer”, klik tombol “Turn Off”
6. Cabut kabel listrik dari jala-jala listrik
7. Tekan tombol OFF pada monitor untuk memadamkan monitor
8. Tutup dengan penutup
Kalimat-kalimat tersebut dapat disusun menjadi teks laporan yang padu dengan urutan nomor….
A. 1-3-2-4-5-7-6-8
B. 1-3-2-5-4-7-6-8
C. 1-2-3-4-5-7-6-8
D. 1-2-4-3-6-5-7-8

26. Cermatilah kalimat rumpang berikut!
Upaya mendekatkan lokasi tempat tinggal dengan lokasi kegiatan merupakan salah satu ...yang dapat dilakukan dalam mengatasi kemacetan.
Kata yang tepat untuk melengkapi kalimat tersebut adalah ....
A. solusi
B. alternatif
C. pemikiran
D. perkiraan

27. Cermatilah teks berikut!
Di dataran rendah yang kering, tanaman mangga dapat menerima sinar matahari selama 12 jam penuh sepanjang tahun. [...] Semakin intensif sinar matahari, semakin manis buah yang dihasilkan. Dengan sinar matahari penuh selama 12 jam, tanaman mangga dapat leluasa membentuk karbohidrat dan gula.
Kalimat yang tepat untuk melengkapi teks tersebut adalah ...
A. Sinar matahari berperan dalam penyerbukan bunga.
B. Sinar matahari berguna bagi penyuburan tanaman.
C. Sinar matahari membantu dalam penyebaran buah.
D. Sinar matahari berperan untuk pembentukan buah.

28. Bacalah teks berikut!
Kelebihan novel ini membuat para pembaca dapat mengintrospeksi diri tentang kewajiban seorang anak memuliakan seorang ibu. Pembaca bisa lebih tahu perasaan seorang ibu ketika anak-anaknya tidak berpihak padanya. Novel ini juga dikemas dengan bahasa yang mudah dimengerti sehingga para pembaca tidak sulit untuk memahaminya.
[...]
Novel ini cocok dibaca oleh semua kalangan agar semua tahu bahwa ibu adalah satu-satunya orang yang tulus menyayangi kita tanpa pamrih, syarat, dan menerima kita kapanpun. Ibu berkorban tanpa meminta imbalan bahkan kita tidak sadar dan tidak tahu bahwa seorang ibulah yang selalu mendoakan kita di manapun kita berada. Karena seorang ibu selalu menginginkan anaknya sukses. Saat ibu telah tiada hanya doa anak yang soleh dan solehahlah yang akan selalu menyertainya. Mari kita doakan ibu kita.
Diolah dari http://auliaannisalia.blogspot.co.id/
Paragraf berisi kelemahan yang tepat untuk melengkapi teks tersebut adalah ...
A. Hanya sangat disayangkan masih terdapat penulisan kata-kata yang kurang tepat. Meskipun begitu novel ini tetap dianjurkan untuk dibaca. Karena dengan membaca novel ini akan menambah rasa sayang kita terhadap seorang ibu.
B. Pada awal kisah novel ini, sang penulis Wahyu Derapriyangga menceritakan perjuangan seorang ibu yaitu Restiana untuk menghidupi dan mendidik anak-anaknya setelah suaminya meninggal.
C. Kenyataan pahit yang ia alami itu bermula dari suaminya yang meninggal karena kecelakaan, ketika menyebrangi jalan saat menjemput si Sulung di sekolahnya. Ayahnya menghembuskan nafas terakhirnya di pangkuan si Sulung.
D. Jangan Buang Ibu Nak, adalah novel karya Wahyu Derapriyangga yang menceritakan tentang perjuangan seorang ibu yang tinggal di Ibu kota. Ia bernama Restiana,ia harus menghidupi ketiga orang anaknya yaitu Sulung,Tengah dan Bungsu.

29. Bacalah teks berikut!
Kegiatan belajar merupakan kegiatan yang harus dilakukan secara rutin oleh pelajar. Dengan kata lain, belajar adalah kegiatan wajib bagi pelajar. Belajar tidak hanya dilakukan di kelas, namun Anda juga bisa melakukannya secara mandiri maupun berdiskusi kelompok di tempat lain.
Sebagian siswa kesulitan dalam mengatur waktu belajar secara efisien dan efektif dikarenakan ketidaktahuannya dalam mengatur jadwal. Padahal hal ini merupakan suatu yang sangat penting untuk diperhatikan. Karena jika waktu belajar diatur dengan benar, maka belajar pun akan lebih efisien dan efektif.

Ilustrasi Jadwal Belajar


Buatlah jadwal belajar. Hal yang terpenting di sini adalah penyusunan jadwal belajar. Cobalah untuk membuat jadwal belajar dan sesuaikan dengan jumlah pelajaran yang akan Anda pelajari. Dengan begitu Anda akan dapat menyusun jadwal belajar yang disesuaikan dengan waktu belajar Anda.
Tetapkan waktu belajar Anda. Hal yang tak kalah penting adalah menentukan waktu belajar. Cobalah untuk memilih waktu belajar yang sesuai dengan kriteria belajar Anda. Tanyalah pada dirimu sendiri. Untuk pelajaran yang Anda anggap sukar lebih baik pelajari terlebih dahulu dan buatlah porsi belajar yang lebih lama agar Anda bisa memahami pelajaran tersebut. Ulangi pelajaran yang Anda dapat di kelas. Hal ini dilakukan agar pelajaran yang Anda dapat tidak cepat hilang atau Anda lupakan.
Jangan membuang-buang waktu luang. Manfaatkan waktu luang yang Anda miliki dengan sebaik-baiknya. Atur waktu belajar Anda, sesuaikan dengan jumlah pelajaran, gunakan batasan waktu dalam mempelajari tiap-tiap pelajaran. Jangan terlalu memforsir waktu Anda untuk belajar. Atur waktu Anda untuk refreshing dan luangkan waktu untuk beribadah dan berdoa.

Perubahan teks tersebut menjadi teks prosedur yang tepat adalah ...

A. Langkah-langkah belajar efektif
1. Susunlah jadwal belajar!
2. Manfaatkan waktu luang dengan sebaik-baiknya!
3. Aturlah waktu belajar dengan menyesuaikan jadwal belajar di sekolah!
4. Gunakan batasan waktu dalam mempelajari tiap-tiap mata pelajaran!
5. Janganlah terlalu memforsir waktu untuk belajar!
6. Jangan lupa berdoa!

B. Langkah-langkah belajar efektif
1. Susunlah jadwal belajar!
2. Manfaatkan waktu luang dengan sebaik-baiknya!
3. Aturlah waktu belajar dengan menyesuaikan jumlahjam mata pelajaran!
4. Gunakan batasan waktu dalam mempelajari tiap-tiap mata pelajaran!
5. Janganlah terlalu memforsir waktu untuk belajar!

6. Atur waktu untuk refreshing dan beribadah!
C. Langkah-langkah belajar efektif
1. Susunlah jadwal belajar!
2. Manfaatkan waktu luang dengan sebaik-baiknya!
3. Aturlah waktu belajar dengan menyesuaikan jumlah mata pelajaran
4. Gunakan batasan waktu dalam mempelajari tiap-tiap mata pelajaran!
5. Janganlah terlalu memforsir waktu untuk belajar!
6. Atur waktu untuk refreshing, beribadah, dan berdoa!

D. Langkah-langkah belajar efektif
1. Susunlah jadwal belajar!
2. Manfaatkan waktu luang dengan sebaik-baiknya!
3. Aturlah waktu belajar dengan menyesuaikan jumlah mata pelajaran!
4. Gunakan batasan waktu dalam mempelajari tiap-tiap mata pelajaran!
5. Janganlah terlalu memforsir waktu untuk belajar!
6. Atur waktu untuk refreshing!

30. Perhatikan data-data berikut!
? Anoa hewan endemik Sulawesi
? Anoa maskot Sulawesi Tenggara
? Anoa tergolong fauna peralihan
? Anoa terancam punah
? Populasi sekitar 5.000 ekor
? Perburuan Anoa untuk diambil kulit, tanduk, dagingnya.
Teks laporan yang sesuai dengan data-data tersebut adalah ...
A. Sejak tahun 1960-an, anoa berada dalam status terancam punah. Anoa adalah hewan endemik Sulawesi, sekaligus maskot provinsi Sulawesi Tenggara. Berdasarkan letak persebarannya, hewan ini tergolong fauna peralihan. Dalam lima tahun terakhir populasi anoa menurun secara drastis. Anoa sering diburu untuk diambil kulit, tanduk dan dagingnya. Diperkirakan saat ini terdapat kurang dari 5000 ekor yang masih bertahan hidup.
B. Anoa adalah maskot provinsi Sulawesi Tenggara. Sejak tahun 1960-an, anoa berada dalam status terancam punah.Berdasarkan letak persebarannya, hewan ini tergolong fauna peralihan. Dalam lima tahun terakhir populasi anoa menurun secara drastis. Diperkirakan saat ini terdapat kurang dari 5000 ekor yang masih bertahan hidup. Anoa sering diburu untuk diambil kulit dan dagingnya.
C. Anoa adalah hewan endemik Sulawesi. Berdasarkan letak persebarannya, hewan ini tergolong fauna peralihan. Sejak tahun 1960-an, anoa berada dalam status terancam punah. Dalam lima tahun terakhir populasi anoa menurun secara drastis. Diperkirakan saat ini terdapat kurang dari 5000 ekor yang masih bertahan hidup. Anoa sering diburu untuk diambil tanduk dan dagingnya.
D. Anoa adalah hewan endemik Sulawesi, sekaligus maskot provinsi Sulawesi Tenggara. Berdasarkan letak persebarannya, hewan ini tergolong fauna peralihan. Sejak tahun 1960-an, anoa berada dalam status terancam punah. Dalam lima tahun terakhir populasi anoa menurun secara drastis. Diperkirakan saat ini terdapat kurang dari 5000 ekor yang masih bertahan hidup. Anoa sering diburu untuk diambil kulit, tanduk dan dagingnya.

Kunci Jawaban Soal Ujian Nasional Bahasa Indonesia Nomor 20-30


20. B Mengomentari isi cerpen berarti menilai isi cerpen disertai alasan yang tepat. Isi cerita tersebut bagus karena mengajarkan kepada pembaca agar jangan sombong dan tidak balas dendam.

21. B Pola pengembangan cerpen tersebut dimulai dengan menampilkan lokasi karena di dalam kutipan fabel dimunculkan lokasi cerita yaitu di suatu hutan.

22. B Mengomentari penggunaan bahasa dapat didasarkan pada kekomunikatifan bahasa yang digunakan di samping unsur bahasa, seperti kata ganti, konjungsi, rujukan, dsb.
Bahasa yang digunakan dalam fabel tersebut adalah bahasa sehari-hari sehingga pembaca mudah dalam memahami isi fabel tersebut.

23. A Untuk melengkapi kalimat dengan kata dilakukan dengan cara mencermati kata sebelum dan sesudah kata yang dirumpangkan.

24. B Melengkapi teks dengan kalimat dapat dilakukan dengan cara mencermati kalimat sebelum dan sesudah kalimat yang dirumpangkan.

25. B Menyusun kalimat-kalimat laporan agar padu, maka urutan kalimat harus memperlihatkan keruntutan berpikir yang dapat dilihat dari keterkaitan antarkalimat yang ditandai antara lain dengan konjungsi, pengulangan, dan kata ganti.

26. A Untuk melengkapi teks dengan kata dilakukan dengan cara mencermati kata sebelum dan sesudah kata yang dirumpangkan pada kalimat.

27. D Melengkapi paragraf dengan kalimat dapat dilakukan dengan cara mencermati kalimat sebelum dan sesudah kalimat yang dirumpangkan.

28. B Melengkapi teks dengan paragraf dapat dilakukan dengan cara mencermati paragraf sebelum dan sesudah paragraf yang dirumpangkan.

29. C Yang harus diperhatikan dalam mengubah sebuah teks menjadi teks lain adalah inti informasi (inti cerita) teks hasil ubahan tidak berbeda dengan inti informasi teks yang diubah.

30. D. Menulis teks berdasarkan fakta berarti semua fakta yang ada harus bisa kita uraikan dalam bentuk kalimat-kalimat yang saling berkaitan.

No comments:

Post a Comment