Latihansoaldanjawaban.blogspot.com: Soal Anggota tata surya Serta Gaya Gravitasi Newton Yang Perlu Kita tahu

Thursday, March 30, 2017

Soal Anggota tata surya Serta Gaya Gravitasi Newton Yang Perlu Kita tahu

1. Sebutkan anggota - anggota tata surya! Berikan Penjelasanmu!

Anggota tata surya adalah matahari, planet, satelit, komet, asteroid dan meteor. Anggota-anggota tata surya dapat beredar mengelilingi matahari karena gaya gravitasi antara anggota tata surya dengan
matahari.



2. Jelaskan apa yang dimaksud gaya gravitasi! Siapakah yang menyatakan konsep teori gravitasi?

Gaya gravitasi adalah gaya tarik menarik antara dua massa benda yang besarnya berbanding lurus dengan besar massa masing-masing benda dan berbanding terbalik dengan kuadrat jarak dari pusat massa kedua benda itu. Konsep gravitasi pertama kali dikemukakan oleh Newton.

Contoh pengaruh adanya gaya gravitasi


3. Apakah yang disebut dengan bintang? Apakah matahari termasuk bintang?

Benda langit yang dapat memancarkan cahaya sendiri disebut bintang. Dalam tata surya, matahari merupakan satu-satunya bintang, tetapi di dalam jagad raya matahari sebagai salah satu dari bintang.

Bagan Matahari


4. Apakah yang kamu ketahui tentang Planet?

Planet merupakan benda langit yang tidak memiliki cahaya sendiri dan beredar di antara bintang bintang. Sampai saat ini dengan bantuan alat penglihatan berupa teropong bintang telah diketemukan 8 planet. Kedelapan planet tersebut mulai dari yang dekat dengan matahari adalah Merkurius, Venus, Bumi, Mars, Jupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus ( Mer Ve Bu Ma Ju Sa Ur Ne)

5. Jelaskan  perbedaan antara revolusi dan rotasi pada sistem tata surya!

Perputaran planet mengelilingi matahari disebut revolusi dan waktu yang diperlukan oleh planet untuk satu kali revolusi disebut kala revolusi. Perputaran planet pada porosnya disebut rotasi dan waktu yang diperlukan oleh setiap planet untuk sekali rotasi disebut kala rotasi.




No comments:

Post a Comment